mig33 kicker

join with us! MOHON PARA TEMAN TEMAN REGISTER DAN AKTIFKAN YA MEMBERNYA. TERIMA KASIH..yang kesulitan aktifasi mohon pv admin ok


You are not connected. Please login or register

memahami dan menggunakan VB

Pilih halaman : 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 2]

1 memahami dan menggunakan VB on Tue Jan 27, 2009 10:31 pm

X-intin-X


moderator
moderator
arjuna_swe3tz



itu dibuka dan dipeLajari yah..... weeh lucu lucu


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

2 Re: memahami dan menggunakan VB on Thu Jan 29, 2009 2:24 am

dan0105


kandungan
kandungan
askum lua ah. . . . te 4 share

Lihat profil user

3 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Jan 31, 2009 1:05 am

X-intin-X


moderator
moderator
siLahkan kang. . . .


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

4 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Feb 07, 2009 3:52 am

seva


VIP member
VIP member
YEH,,,SAKERAP-SAKERAP rokok

Lihat profil user http://dstupidity-seva.blogspot.com/

5 Re: memahami dan menggunakan VB on Sun Feb 08, 2009 12:05 am

TuTorial VB

Lihat profil user http://halim.darkbb.com

6 Re: memahami dan menggunakan VB on Wed Feb 11, 2009 10:18 pm

X-intin-X


moderator
moderator
jajaL kang,. . .


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

7 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Feb 14, 2009 4:46 am

koji


kandungan
kandungan
ikut latihan ahhh

Lihat profil user http://www.gevherlie.malware-site.www

8 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Feb 21, 2009 8:19 pm

X-intin-X


moderator
moderator
ayo nuw. . . .


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

9 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Apr 18, 2009 7:57 pm

begundal_77


kandungan
kandungan
pan nie toweng

Lihat profil user http://www.pacitan.co.cc

10 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Apr 18, 2009 9:52 pm

X-intin-X


moderator
moderator
Buka adjah... hohohoho. . . .


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

11 Re: memahami dan menggunakan VB on Thu Jun 04, 2009 9:34 am

fuckerhead


kandungan
kandungan
ya ya aq commentt.......... hyo

Lihat profil user http://www.fuckerheadmig33.blogspot.com

12 Re: memahami dan menggunakan VB on Sun Jul 05, 2009 4:58 pm

kongle


kandungan
kandungan
Very Happy opo kie???

Lihat profil user http://www.mig33.shop

13 Re: memahami dan menggunakan VB on Tue Jul 14, 2009 6:18 pm

uthic1982


kandungan
kandungan
tlng kasih tau dunk cara pengoperasian vb

Lihat profil user http://wlingi.webs.com

14 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Jul 18, 2009 6:34 am

alam..a


Admin
Admin
kang utic gi manan kabar negeri gingseng

Lihat profil user http://www.dianblitar.webs.com

15 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Jul 18, 2009 4:06 pm

X-intin-X


moderator
moderator
uthic1982 wrote:tlng kasih tau dunk cara pengoperasian vb

coda lu buka ini
Code:
http://www.rentron.com/VisualBasic.htm

nah klo loe mau belajar pasi bs sob.,
kalo ada yg ditanya kan mengenai VB saya akan jawab sebisa saya,,
ditunggu pertanyaannya,, huuu


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

16 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Jul 18, 2009 4:17 pm

X-intin-X


moderator
moderator
1. Option Explicit

Gw yakin sblmnya banyak yg dah liat kalimat Option Explicit dibagian paling atas dari jendela coding di VB. Knp itu ada disana dan apa gunanya? Pernyataan Option Explicit akan memaksa lo untuk mendeklarasikan variabel sblm lo menggunakan variable itu. 2 kata itu (Option Explicit) akan sangat ngebantu lo terhindar dari puyenk yg berkepanjangan dlm men-debug program. Juga dapat mempercepat program lo klo lo menggunakannya dgn tepat!

Dgn menempatkan Option Explicit dibagian paling atas di stiap modul sblm brbagai prosedur, lo akan memastikan bahwa lo ga akan salah dlm menuliskan variabel. Coba liat contoh berikut ini...

Code:
Private Sub Command1_Click()
    Dim sMississippi As String
    sMississipi = "Hello"  '<-- perhatikan ada huruf "p" yg kurang
    MsgBox sMississippi
End Sub

Coding diatas seharusnya bertujuan untuk menampulkan MessageBox dgn kata "Hello". Karena variabel yg dituliskan salah dan gada Option Explicit yg dipasang diatas modulnya, maka lo cm akan mendapatkan MessageBox yg kosong.

Skrg coba kasi Option Explicit dibagian paling atas. Trus jalanin programnya lg. Apa yg trjadi? Lo bakalan dapetin pesan kesalahan "Variable not defined". Nah inilah gunanya, jd lo tau apa yg salah dan lo bs benerin.. Selain itu hal yg paling berguna bgt klo coding lo tuh dah kompleks bgt, jd lo bs nemuin kesalahan coding lo drpd nlusurin satu per satu.

Alasan lain knp Option Explicit sangat penting adalah, klo lo ga mendeklarasikan variable lo sbg tipe data yg spesifik, maka VB akan men-set variabel lo itu sbg tipe Variant (penjelasan ttg tipe data ada di posting slnjtnya). Variabel tipe Variant dapat menampung data jenis apa aja, dari string sampe ke integer, long integer, date, currency, dll. Meskipun kliatannya Variant ini bagus bgt krn bisa menampung smua jenis data, tapi sbnrnya nggak. Justru malah bakalan bikin program lo lelet! Dgn membuat variabel lo lbh spesifik jenisnya untuk keperluan penyimpanan data, maka program lo akan berjalan lbh cepat.

Nah agar stiap lo bikin program dah ada Option Explicit di stiap modulnya, caranya:
Klik menu Tools dan pilih Options. Trus centangin Require Variable Declaration dan klik OK.



2. Memahami dan Mengoptimalkan Tipe Data

Di dlm VB 6 ada 11 tipe data yg berbeda: Boolean, Byte, Currency, Date, Double, Integer, Long, Object, Single, String, dan Variant. Tiap jenis memiliki tujuan dan fungsi yg berbeda, dan penggunaan yg tepat akan meningkatkan performa program lo. Gw akan coba jelaskan bbrp tipe data yg paling sering dipake.

Boolean
Data Boolean adalah tipe data yg hanya memiliki 2 pernyataan, True dan False. Tipe variabel ini disimpan sbg 16-bit (2 Byte), dan biasanya digunakan sbg flags. Sbg contoh, lo punya 1 textbox (Text1) dan 1 tombol command (Command1). Lo pgn tombol command itu enable ketika ada teks di dlm Text1. Lo akan menuliskan coding ky gini...

Code:
Private Sub Form_Load()
    Command1.Enabled = False    ' Disables Command1
    Text1.Text = vbNullString  ' Sets Text1=""
End Sub

Private Sub Text1_Change()
    Dim bEnable As Boolean
    If Text1.Text <> "" Then bEnable = True
    Command1.Enabled = bEnable
End Sub

Jalanin programnya dan Command1 hanya akan enable ketika ada teks yg diketik di Text1.

Byte
Data tipe Byte adalah variable 8-bit yg dapat menyimpan nilai dari 0 sampai 255. Data tipe ini sangat berguna untuk menyimpan binary. Juga berguna untuk mengirim/menerima nilai ke/dari Basic Stamp atau PIC.

Double
Data tipe Double adalah nilai 64-bit floating point number yg digunakan ketika akurasi tingkat tinggi sangat diperlukan. Nilainya berkisar antara -1.79769313486232e308 sampai -4.94065645841247e-324 untuk nilai negatif dan 4.94065645841247e-324 sampai 1.79769313486232e308 untuk nilai positif.

Integer
Data tipe Integer adalah nilai 16-bit yg memiliki range dari -32768 sampai 32767. Integer digunakan ketika lo bekerja dgn nilai yg tidak dapat berisikan fractional numbers (nomer yg terpisah/kecil)

Long
Data tipe Long adalah nilai 32-bit yg memiliki range dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,647. Variabel Long hanya dapat berisikan nilai integer non-fractional. Gw sendiri lbh sering make variabel Long ini drpd Integers bwt meningkatkan performa program gw. Hampir sebagian besar program Win32 menggunakan data tipe ini.

Single
Data tipe Single adalah nilai 32-bit yg memiliki range dari -3.402823e38 sampai -1.401298e-45 untuk nilai negatif dan 1.401298e-45 sampai 3.402823e38 untuk nilai positif. Klo lo butuh nomer fractional dlm range ini, maka ini adlh tipe data yg tepat bwt dipake.

String
Data tipe String biasanya digunakan sebagai variabel yg panjang, yg dapat menyimpan sampai 2 miliar karakter. Stiap karakternya memiliki nilai dari 0 sampai 255 berdasarkan karakter ASCII. String digunakan dlm variable yg berisikan teks.

Menggunakan Tipe2 Data Diatas
Nih contoh penggunaan tipe2 data diatas. Mislnya qta punya String yg berisikan teks "This VB stuff is pretty darn cool..!", dan qta pengen mengkonversi stiap hurufnya ke dlm ASCII. Trus qta akan menampilkan stiap hurufnya bersamaan dgn persamaan ASCII nya di dlm MessageBox satu per satu.

Code:
Private Sub Command1_Click()
    Dim sText As String
    Dim lTextLength As Long
    Dim sChar As String
    Dim bASCII As Byte
    Dim x As Long

    sText = "This VB stuff is pretty darn cool..!"
    lTextLength = Len(sText) 'Gets # of chars in sText

    For x = 1 To lTextLength 'Loop through string one char at a time
    sChar = Mid$(sText, x, 1)'Gets the x'th charcter in sText
    bASCII = Asc(sChar)      'Gets ASCII value of character
    MsgBox "The ASCII value of '" & sChar & "' is " & bASCII 'Display results
    Next x
End Sub

Jalankan programnya dan akan ditampilkan 1 karakter bersamaan dgn nilai ASCII nya.



3. Parsing Strings

Strings adalah tipe data yg paling sering digunakan, dan skaligus kesalah-pemahaman dalam parsing strings seringkali terjadi pada programmer VB. Jadi gw akan menunjukkan gimana penggunaan yg seharusnya.

Fungsi Len
Fungsi Len akan menghasilkan jumlah karakter dlm sbuah string. Contohnya...


Code:
Dim sText As String
Dim lTextLength As Long

sText = "Reynolds Electronics"
lTextLength = Len(sText)


Setelah dijalankan lTextLength akan sama dgn 20, dimana jumlah itu adalah jumlah karakter di dlm string sText.

Fungsi InStr
Fungsi InStr akan memberi tau apakah sbuah string berada di dlm string dan dimana mulainya. Contohnya...


Code:
Dim sText As String
Dim lElectronics As Long

sText = "Reynolds Electronics"
lElectronics = InStr(sText, "Electronics")


Stlh dijalankan lElectronics akan memiliki nilai 10. Klo lo itung dari awal string lo akan nemuin bahwa kata Electronics dimulai dari huruf ke-sepuluh dari sText.

Lo jg bisa menggunakan fungsi Instr untuk menemukan apakah sbuah string berada di dlm string lainnya.


Code:
Dim sText As String
Dim lElectronics As Long

sText = "Reynolds Electronics"
If InStr(sText, "Electronics") Then
    MsgBox "Found the word 'Electronics'"
Else
    MsgBox "Did not find the word 'Electronics'"
End If


Jalankan dan program akan memberi tau lo bahwa terdapat kata Electronics. Skrg coba ganti sText dgn kalimat lain dan jalanin lagi, dan liat hasilnya...

Fungsi Left
Fungsi Left akan menghasilkan karakter2 mulai dari paling kiri sebuah string. Sbg contohnya jalankan code berikut ini dan hasilnya akan tampil di jendela Debug.



Code:
Dim sText As String
Dim sLeft1 As String
Dim sLeft5 As String
Dim sLeft15 As String

sText = "Reynolds Electronics"
sLeft1 = Left$(sText, 1)
sLeft5 = Left$(sText, 5)
sLeft15 = Left$(sText, 15)

Debug.Print "The first letter is: " & sLeft1
Debug.Print "The first 5 letters are: " & sLeft5
Debug.Print "The first 15 letters are: " & sLeft15


Fungsi Right
Fungsi Right akan menghasilkan karakter2 mulai dari paling kanan sebuah string. Sbg contohnya jalankan code berikut ini dan hasilnya akan tampil di jendela Debug.



Code:
Dim sText As String
Dim sRight1 As String
Dim sRight5 As String
Dim sRight15 As String

sText = "Reynolds Electronics"
sRight1 = Right$(sText, 1)
sRight5 = Right$(sText, 5)
sRight15 = Right$(sText, 15)

Debug.Print "The last letter is: " & sRight1
Debug.Print "The last 5 letters are: " & sRight5
Debug.Print "The last 15 letters are: " & sRight15




Fungsi Mid
Fungsi Mid ini rada2 akal2an jd qta akan mencobanya pelan2. Fungsi Mid membutuhkan 3 nilai didlmnya, sbuah String tempat buat mencari, posisi awal, dan panjangnya. Fungsi ini akan mencari di dlm sbuah string, awalnya mulai dr posisi yg lo tentukan, dan mengambil sejumlah karakter yg dah lo tentukan jg...




Code:
Dim sText As String
Dim sMidText As String

sText = "Reynolds Electronics"
sMidText = Mid$(sText, 3, 8)



Stlh menjalankan code ini, sMidText akan sama dgn "ynolds E", dimana mulainya dari huruf ke-tiga dan terus sampai huruf ke-sebelas (3+8=11). Dah tau kan cara kerjanya? Perhatikan juga bahwa kalo panjang karakter yg akan dicari ga disebutin maka hasilnya adalah smua karakter dari posisi awal sampe ke posisi akhir, ky yg berikut ini...

Penggunaan Semua Fungsi Diatas
Misalkan lo menerima data dari sebuah Basic Stamp. Data ini disimpan dlm sebiah buffer yg dinamakan sBuffer. Stiap set datanya dipisahkan oleh sbuah ASCII 13. Lo pengen memisahkan stiap set data ini satu per satu dan menampilkannya di dlm jendela debug. Gini caranya...



Code:
Dim sBuffer As String
Dim lEnd As Long
Dim sData As String

' This is the data in your buffer
sBuffer = "Data1" & Chr$(13) & "Data2" & Chr$(13) & "Data3" & Chr$(13) & "Data4" & Chr$(13)
lEnd = InStr(sBuffer, Chr$(13)) '  Gets Starting position of ASCII 13

Do  ' Starts the loop
If lEnd > 0 Then    ' If > 0 then we have an ASCII 13 in the buffer
    sData = Left$(sBuffer, lEnd - 1)
  ' sData will be all characters before lEnd
    sBuffer = Mid$(sBuffer, lEnd + 1)
  ' We want to delete the data that we just got from the buffer including
    the ASCII 13
    Debug.Print sData  ' Display the data
    lEnd = InStr(sBuffer, Chr$(13))
  ' Gets Starting position of ASCII 13 in the new buffer
End If
Loop While lEnd > 0 ' Loop while ASCII 13 is still present in the buffer




Setelah menjalankan code ini lo akan melihat Data1 sampai Data4 di dlm jendela debug.

Memanipulasi String ga bgitu susah. Dgn penggunaan 4 fungsi diatas lo dapat mem-parsing string apa aja yg lo mau.
Smoga berguna...




nb : kalo loe masih bingung loe tunjukin script loe biar gw bisa baca n benerin,,
girl


_________________
KALAU CUMA NUMPANG LEWAT TANPA COMMENT NERAKA MENANTIMU. . . . . .
Lihat profil user http://www.gmail.com/EmailSintink@gmail.com

17 Re: memahami dan menggunakan VB on Thu Sep 03, 2009 1:02 pm

ahmad_budiman


kandungan
kandungan
fdsfdsfdsfdsfdsfdsfsdfsdf

Lihat profil user http://ahmadbudiman.peperonity.com

18 Re: memahami dan menggunakan VB on Tue Jan 26, 2010 1:29 am

darmex


kandungan
kandungan
coment dah dr pd neraka hmmm

Lihat profil user http://www.mig33tegal.forumotion.com

19 Re: memahami dan menggunakan VB on Sun Feb 14, 2010 3:07 am

bat9


kandungan
kandungan
rrrrr

Lihat profil user http://www.ciawicity.forumotion.com

20 Re: memahami dan menggunakan VB on Fri May 07, 2010 2:37 pm

mic


kandungan
kandungan
MARII KEHILANGAN NICK >>>MIC<<< AKU BOS JAN SEDIH...





BELAJAR AH BIISMILLAH

Lihat profil user http://javamic.peperonity.com

21 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Sep 18, 2010 11:50 am

rega_pa


kandungan
kandungan
pengen jd kreator tp bngung carany..........ampun dah!!!!!!!!!!!! super man

Lihat profil user http://regaputraabrida.peperonity.com

22 Re: memahami dan menggunakan VB on Mon Dec 26, 2011 2:35 am

spinzer


kandungan
kandungan
ikutttttttt

Lihat profil user http://yaluphri@blogspot.com

23 Re: memahami dan menggunakan VB on Sun Jan 22, 2012 8:58 pm

shagy23


kandungan
kandungan
ga ngerti make nya Very Happy:D:D:D hyo

Lihat profil user http://www.zerobeatnet.blogspot.com

24 Re: memahami dan menggunakan VB on Sat Dec 08, 2012 11:36 pm

amop


kandungan
kandungan
waaaaaaa

Lihat profil user http://www.amop.mywapblog.com

25 Re: memahami dan menggunakan VB on Thu Jan 10, 2013 12:53 am

miztiy


kandungan
kandungan
ada pemahaman yg pake bahasa indonesia gak yah heh

Lihat profil user http://www.mig33.com

Sponsored content


Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 2]

Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik